1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

TPU Panaikang ramai peziarah jelang Ramadan

Sudah menjadi tradisi setiap tahun

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 05 Juni 2016 15:37

Merdeka.com, Makassar - Sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Makassar ramai dikunjungi peziarah, Minggu (5/6) atau satu hari sebelum bulan Ramadan 1437 Hijriah. Salah satunya kompleks pemakaman terbesar dalam kota, TPU Panaikang, di jalan Urip Sumoharjo.

Dari pantauan, para peziarah rata-rata datang secara berkelompok saat berkunjung ke makam kerabat dan keluarganya. Pemandangan ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahun, menjelang bulan suci Ramadan. Pengunjung biasanya ramai di siang hingga sore hari.

Ambo Tang, (53), warga kompleks perumahan Hartaco Indah kecamatan Tamalate mengatakan, ziarah kubur merupakan tradisi keluarganya jelang Ramadan. Anggota keluarga biasanya menjenguk makam para orang tua dan keluarga pada akhir pekan terakhir sebelum masuk bulan puasa.

"Biasanya beberapa kali setahun. Sebelum bulan Ramadan dan setelah Idul Fitri. Juga setelah lebaran haji," kata Ambo.

Ramainya peziarah di TPU Panaikang juga menjadi ladang rezeki bagi pengurus TPU. Pengurus makam biasanya menyediakan air dan kembang yang bisa dibeli para peziarah untuk menyiram makam kerabatnya. Peziarah juga kadang memberikan sejumlah uang kepada pengurus TPU yang telah membersihkan makam kerabatnya.

Peziarah TPU Panaikang bukan hanya dari kota Makassar. M Amin, 24, menyatakan datang khusus dari Kabupaten Gowa ke Makassar hanya untuk mengunjungi makam ayahnya. "Sudah jadi kebiasaan. Mendoakan bapak sekaligus membersihkan makamnya," kata dia.

Selain TPU Panaikang, sejumlah kompleks pemakaman di Makassar juga ramai dikunjungi jelang Ramadan. Di antaranya Taman Makam Pahlawan Panaikang, TPU Sudiang, TPU Andi Tonro, dan TP Siri na Pacce Daya.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA