1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wagub lepas 450 calon jemaah haji Kloter 01

Embarkasi menampung 11 ribu lebih jemaah tahun ini

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 09 Agustus 2016 08:25

Merdeka.com, Makassar - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang melepas keberangkatan 450 orang calon jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 01 Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (8/8) malam.

Kloter 01 beranggotakan sebanyak 252 orang jemaah asal Makassar serta 199 orang asal Kabupaten Soppeng. Mereka diberangkatkan dengan pesawat Garuda Indonesia Airlines dengan nomor penerbangan GA 1101, Selasa, (9/8) pagi.

Embarkasi Makassar CJH  menampung total 11.986 orang jemaah yang terbagi dalam 27 Kloter. Adapun Kloter 01 dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 17 September 2016 mendatang.

Wagub Agus menilai petugas pemberangkatan jemaah haji tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Di mana visa para jemaah dapat diselesaikan baik. Di banding tahun sebelumnya proses perjalanan CJH Embarkasi Makassar sempat terganggu lantaran tidak selesainya visa beberapa sejumlah jemaah.

Agus berharap proses perjalanan jemaah baik di Indonesia maupun selama di Arab Saudi dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Para jemaah agar terus menjaga kesehatan, karena itu merupakan modal utama dalam melakukan proses untuk mendapatkan Haji Mabrur,” kata Agus dikutip dari situs resmi Pemprov Sulsel, Selasa (9/8) pagi.

Agus meminta para jamaah tidak bertindak individual selama menjalankan ibadah. Jika menemukan masalah, diharapkan segera berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kelompoknya sebelum mengambil keputusan untuk mengerjakan sesuatu.

Dalam pesawat nantinya, Agus menyarankan kepada petugas agar mengatur posisi tempat duduk para jemaah dengan baik. "Jangan sampai ada jemaah yang usianya sudah tua tetapi mendapat tempat duduk jauh atau dilantai atas, sehingga mereka yang berusia lanjut bisa kelelahan setelah naik dan turun dari pesawat," katanya.

(AP)
  1. Keagamaan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA