1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wali Kota Makassar lantik 5.970 Ketua RT/RW

Prosesi dilakukan usai salat subuh berjamaah

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 27 Agustus 2017 15:44

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengukuhkan sedikitnya 5.970 ketua Rukun Tetangga dan Warga (RT/RW) se-kota Makassar, di Lapangan Karebosi, Minggu (27/8). Pelantikan dilakukan usai salat subuh berjamaah di lokasi yang sama.

Ketua RT yang akan dikukuhkan kurang lebih 4.972 orang, dan ketua RW sekitar 998 orang. Mereka yang dikukuhkan ini merupakan perwakilan dari masyarakat hasil dari pemilihan ketua RT/RW serentak (Pilkara), Februari lalu.

Bersama mereka, juga dikukuhkan dilaksanakan pembacaan ikrar sumpah 153 kepala lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dan 3.819 penasehat wali kota di bidang RT/RW.

Dalam sambutannya Walikota Makassar Danny Pomanto menjelaskan pengukuhan sengaja dipilih dan dilaksanakan subuh hari. Mengingat sebelum melaksanakan aktifitas, manusia sebagai mahluk ciptaanya diajarkan berdoa, sesuai keyakinan  masing masing.

"Inilah alasan mengapa kita laksanakan pelantikan pada subuh hari, selain berdoa usai melaksanakan Shalat tentunya akan menguji kedisiplinan dan memberikan spirit bagi ketua RW/RT yang berfungsi sebagai fasilitator antara warga dengan pemerintah," ujarnya.

Danny berharap pasca pengukuhan ketua RW/RT, mereka mampu melahirkan sinergitas dan suhu positif bagi pengembangan program pembangunan pemerintah melalui sembilan indikator penilaian.

“Saya kira RT/RW adalah garda terdepan untuk mewujudkan program penyelenggaraan pembangunan, khususnya dalam hal pelayanan publik bagi warga kota Makassar walaupun tidak masuk dalam struktur birokrasi,” katanya.

“Kedepan harus kompak dan berkinerja baik. Karena mereka juga bagian dari pelayanan kepada masyarakat sekitarnya, yang terpenting bagaimana mereka menjalankan sembilan indikator penilaian dalam mengembangkan lorong-lorong,” dia melanjutkan. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA