1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Unhas bangun kerja sama dengan Universitas Keio Jepang

Kerja sama di antaranya perihal tukar informasi dan format penelitian serta material pengajaran

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 05 Agustus 2016 15:24

Merdeka.com, Makassar - Universitas Keio Jepang menjalin kerja sama dengan empat fakultas di lingkungan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Kerja sama ditandai dengan penanda tanganan nota kesepahaman (MoU) di kampus Unhas, Kamis (4/8).

Keempat fakultas di Unhas masing-masing Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Isipol, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Sementara dari Universitas Keio meliputi  Faculty of Policy Management,  Graduate School of Media and Governance,  dan Faculty of Environment and Information Studies.
 
Penandatanganan dari Unhas diwakili Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Prof Gagaring Pagalung, Prof Andi Alimuddin Unde (Fisipol). Sementara dari Universitas Keio diwakili Dean Graduate School of Media and Governance Prof.Yasushi Kiyaki, Prof. Takeshi Kawazoe (Dean of Policy Management), dan Prof. Jun Murai (Dean Faculty of Environment and Information Studies).

Kerja sama berupa saling tukar informasi dan format penelitian, material pengajaran,  hasil pendidikan dan penelitian, mendukung saling berkunjung antar staf institusi dan saling tukar mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Juga dalam hal pengembangan kerja sama kegiatan penelitian dan mengundang para pihak yang terlibat dalam kerja sama menghadiri seminar dan konferensi yang dilaksanakan bersama.
 
Universitas Keio didirikan  pada tahun 1858 oleh Yukichi Fukuzawa, salah seorang pemimpin intelektual yang sangat dihormati dan visioner, Universitas ini pendidikan tinggi modern pertama Jepang.  Selama setengah abad terakhir, universitas ini telah menempatkan dirinya sebagai pemimpin di Jepang dan Asia melalui komitmennya yang tiada henti di bidang pendidikan, penelitian dan kedokteran. Keio memiliki sepuluh fakultas sarjana dan empat belas sekolah pascasarjana yang tersebar di enam kampus utama di daerah Tokyo. Institut ini  memiliki 33.000 mahasiswa dan 4.800 dosen dan staf administrasi.

Kampus-kampusnya, terdiri atas Kampus Mita terletak di pusat Kota Tokyo dengan  empat fakultas, Sastra, Ekonomi, Hukum, dan Bisnis dan Perdagangan. Kampus Hiyoshi ditempati mahasiswa dari semua fakultas kecuali tiga fakultas terletak di Shonan Fujisawa Kampus (SFC). Kampus Yagami lokasi k kedua Fakultas dan Sekolah Pascasarjana Ilmu dan Teknologi. Kampus Shinanomachi tempat Sekolah dan Graduate School of Medicine. Sedangkan SFC lokasi Fakultas Manajemen Kebijakan, Lingkungan dan Studi Informasi, dan Keperawatan dan Perawatan Medis.

Siswa dari sekolah lulusan Media dan Tata Kelola dan Manajemen Kesehatan juga belajar di kampus ini. Kampus Shiba-Kyoritsu Kampus lokasi Fakultas Farmasi dan Sekolah Pascasarjana Ilmu Farmasi.

Keio University memiliki sekitar 250 kemitraan dengan universitas dan organisasi di lebih dari 40 negara, yang melibatkan pendidikan dan penelitian di bidang luas. Kegiatannya menyangkut pertukaran pelajar dari universitas mitra dijamin dari yang terdaftar dalam program-program berkualitas tinggi untuk Jepang serta bekerja  dan belajar pada proyek bersama.

Pada tingkat kelembagaan, proyek penelitian bersama yang dilakukan dengan banyak organisasi di seluruh dunia. Keio juga memiliki enam kantor di luar negeri dan pusat di New York, London, Seoul, Singapura, Beijing dan Shanghai.

(AP)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA