1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

IPI: Inkumben sulit terbendung di pilwali Makassar

Danny Pomanto diuntungkan regulasi

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 23 Agustus 2017 21:28

Merdeka.com, Makassar - Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) menyebut wali kota Makassar Danny Pomanto punya peluang besar memenangkan pemilihan wali kota tahun 2018. Sebagai calon inkumben, elektabilitas Danny dianggap sulit terbendung.

Direktur Eksekutif IPI Sulsel Suwardi Idris Amir mengatakan, terdapat empat indikator yang membuat Danny unggul jauh atas para pesaingnya.

"Pertama, dia menguasai birokrasi maupun pengusaha. Yang kedua, citra politiknya sudah jelas, sebab dia sudah berbuat, kecil ataupun besar itu adalah investasi yang sudah jelas," terang Suwadi di Makassar, Rabu (23/8).

Menurut Suwadi, indikator ketiga adalah incumbent diuntungkan regulasi. Saat ini pemenang pilkada tidak perlu menang 30 plus 1. Artinya imcumbent cukup mengamankan suara tertinggi.

Selain itu, kata Suwadi, kelebihan incumbent itu membuatnya seksi dimata parpol dan tentu menjadi incaran kader parpol untuk berpaket.

"Terbukti dengan banyaknya kader partai dan figur dari non partai berminat mendampingi Pak DP," imbuhnya.

Meski demikian, Suwadi mengatakan, incumbent juga tetap berpotensi tumbang jika, kinerjanya kurang maksimal dimata publik, dan salah langkah politik. (NIA)

(AP)
  1. Politik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA